Berita Kami

Tak Perlu Goyangkan Mobil Saat Mengisi Bahan Bakar, Ini Alasannya
Senin, 20 Jul 2020 - 13:31:49 - sm001


Perilaku menggoyangkan mobil saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM), ternyata masih saja dilakukan oleh sebagian pemilik kendaraan di zaman seperti sekarang ini. Kebiasaan yang sudah ada sejak lama ini dipercaya bisa membuat pengisian bahan bakar bisa menjadi lebih banyak jika mobil digoyang-goyangkan. Padahal, cara kuno tersebut ternyata tidak memberikan manfaat apapun selain lelah menggoyangkan bodi mobil. Hal ini karena volume BBM yang masuk ke tangki mobil tidak akan mengalami perubahan selain menyesuaikan dengan kapasitas yang ada.
 
Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, kebiasaan menggoyangkan mobil saat pengisian BBM tidak ada gunanya dan hanya sia-sia saja.

Menurutnya, mungkin saja masih ada yang beranggapan bahwa dengan menggoyangkan mobil maka udara yang ada di dalam tangki bisa lebih cepat keluar. Padahal, tanpa digoyangkan pun udara di dalam tangki bahan bakar akan keluar dengan sendirinya saat bahan bakar masuk ke dalam tangki. "Mungkin maksudnya agar udara di dalam tangki dipercepat keluarnya saja, tidak digoyang juga tidak apa-apa karena udara pasti akan ke atas karena terdesak oleh bensin," ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Sebaliknya, kebiasaan menggoyangkan mobil saat proses pengisian bahan bakar sedang berjalan justru bisa berbahaya, karena bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala SPBU Pertamina MT Haryono Paimin. Dia menjelaskan, kebakaran bisa saja terjadi karena nozzle bergesekan dengan lubang tangki saat pengisian berlangsung.
Sehingga, dari adanya gesekan tersebut bisa menimbulkan percikan api sehingga terjadi kebakaran.

“Ujung nozzle kan terbuat dari besi atau baja, dikhawatirkan kalau mobil digoyang-goyang justru akan terjadi gesekan. Sebab, di lubang tutup tangki di ujungnya juga berbahan pelat,” ucap Paimin. Paimin menambahkan, meskipun gesekan yang terjadi cukup kecil tetap saja bisa memicu munculnya listrik statis. Dan jika hal ini terjadi, bisa saja muncul api dan mudah tersambar oleh BBM yang mengalir.

Penulis Ari Purnomo | Editor Aditya Maulana


Penulis : Ari Purnomo
Editor : Aditya Maulana